CARA MENDAPATKAN 1000 SUBSCRIBER DAN 4000 JAM TAYANG BUAT PEMULA

Definisi Organisasi



















Assalamu'alaikum,
Dear kawan-kawanku, sahabat-sahabatku, saudara-saudaraku.

Kesempatan ini saya ingin mengulas sedikit tentang organisasi.  Pastinya kata Organisasi sudah tidak asing bagi kita semuanya. dan bahkan sebagian dari kita sudah sangat paham tentang organisasi bukan sekedar mengetahui arti istilah itu saja. dan tentu saja saya yakin kawan-kawan pasti sudah banyak yang bergabung di Organisasi. Pada dasarnya tulisan ini dibuat hanya untuk mengingatkan  kepada kita semuanya sekaligus mempermudah mencari tau apa itu organisasi, khususnya bagi kalian yang mungkin masih belum tahu banyak tentang Organisasi.

Baca Juga Sistem Organisasi

Nah. yang perlu kita ketahui diawal adalah arti kata atau definisi dari Organisasi itu sendiri.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (materi, waktu, pikiran, dan tenaga), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Selain itu beberapa pakar dan ahli juga mengemukakan pendapatnya (wikipedia) :

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama 
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Dari pengertian diatas sudah banyak contoh organisasi yang kita ketahui. Organisasi Politik, Organisasi Keagamaan, Organisasi Masa, Organisasi mahasiswa dan lain sebaganya. Semua itu adalah bagian dari begitu banyak organisasi yang ada.

Untuk artiket pertama mengenai definisi Organisasi cukup sampai disini dulu. di Artikel berikutnya akan ada penjelasan tentang unsur-unsur dan pembagian tugas dalam Organisasi.

Semoga bermanfaat,
Wassalamu'alaikum

Penulis : Wahyu Imam Santoso


Komentar