CARA MENDAPATKAN 1000 SUBSCRIBER DAN 4000 JAM TAYANG BUAT PEMULA

REUNI SMP N 2 Kedungtuban


Assalamualaikum, semoga saya dan anda senantiasa dalam lindungan dari Tuhan yang maha Esa.

Kamis, 23 Juli 2015

Seminggu persis setelah idul fitri 1436 H, ada banyak cerita selama beberapa hari terahir ini.


Agenda rutin sungkeman dengan kedua orang tua dan keluarga besar juga dilanjutkan silaturahim ke tetangga dan kerabat. 

Selain itu agenda yang tidak kalah ramai adalah beberapa undangan Reuni yang sudah jauh-jauh hari disampaikan. Entah itu Reuni SD, SMP, SMA, Pondok Pesantren dan lain-lain semua beramai-ramai diselenggarakan. Reuni biasanya dipilih pada libur lebaran dikarenakan banyak yang pulang dari perantauan.

Nah, saya pun juga tidak ketinggalan. Ada dua undangan Reuni yang sudah saya terima yaitu Reuni SMPN 2 Kedungtuban angkatan 2006 dan Reuni rutin kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Kedungtuban angkatan 2009.

Saya pengen berbagi cerita tentang kedua acara tersebut. Tapi sebelum itu perlu kita ingat arti dan makna dari Reuni itu sendiri. Dari segi bahasa Reuni terdiri dari dua kata yaitu “Re” yang artinya kembali, dan “uni” yang artinya kumpulan/berkumpul. Jadi Reuni secara sederhana dapat diartikan berkumpul kembali. Mempersatukan kembali bagian-bagiaan yang pernah bersatu. Reuni tidak hanya dikhususkan untuk alumni Sekolah, Perguruan Tinggi dan lain sebagainya. Akan tetapi dapat juga digunakan untuk yang lain seperti Reuni keluarga, Reuni Organisasi dan lain sebagainya.

 
Kembali ke cerita, Yang pertama Reuni kelas XII IPA SMA Muhammadiyah angkatan 2009 (Sabtu, 18 Juli 2015). Sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan Reuni ini karena hampir tiap tahun pasca lulus SMA kami selalu melakukan hal yang sama. Yang beda adalah partisipan yang selalu berubah, kadang bertambah kadang berkurang, yang bikin menarik adalah saat mulai bertambahnya keluarga dari masing-masing personal yang sudah menikah dan punya anak. Tidak ada agenda yang pasti untuk dibahas, baru sebatas melepas rindu satu sama lain. Karena hampir tiap tahun dilaksanakan, jadi kurang ada kesan yang bisa dirasakan. Tapi yang terpenting adalah menjaga silatirahmi yang sudah terjalin.

Cerita Reuni yang kedua adalah Reuni SMPN 2 Kedungtuban angkatan 2006 (Selasa, 21 Juli 2009). Kegiatan ini adalah yang pertama kali sejak kami lulus SMP pada tahun 2006. Hampir 10 tahun terpisah walaupun mungkin ada yang melanjutkan di Sekolah yang sama. Kegiatan yang digagas oleh sedikit orang termasuk saya ini sudah dibicarakan 3 tahun yang lalu dan setiap akan diselenggarakan pasti gagal. Alhamdulillah di tahun ini dapat terlaksana dengan nama kegiatan “Temu Kangen dan Halal Bi Halal”. Dikarenakan baru pertama kali dan masih banyak kekurangan Kegiatan tersebut diikuti kurang dari 50% dari seluruh siswa seangkatan. Banyak yang sudah berubah setelah 10 tahun berpisah, baik dari segi postur, wajah, dan gaya. Yang sudah berkeluarga dan membawa anak juga banyak. Keceriaan berbaur dan sangat cair. Hampir-hampir susunan acara yang sudah disusun tidak sesuai rencana dikarenakan sudah sangan rindu dan asik saling bertukar cerita, pengalaman, dan bahkan tukan info kerjaan.

Dan masih banyak cerita-cerita menarik dibalik dua Reuni/Temu Kangen tersebut. Akan tetapi esensi atau poin penting dari Reuni adalah tidak sekedar mempererat silatirahmi melainkan menjadi jembatan yang baik untuk komunikasi bisnis, kerjaan, dan bahkan jodoh. Selain itu para alumni juga diharapkan dapat memberi sumbangan moral dan material serta sumbangsih pemikiran untuk kemajuan almamater yang pernah membesarkan tersebut. Dari situlah Reuni akan mempunyai manfaat yang lebih, bukan sekedar acara “kangen-kangenan”.


Penulis : Wahyu Imam Santoso


Komentar