CARA MENDAPATKAN 1000 SUBSCRIBER DAN 4000 JAM TAYANG BUAT PEMULA

Makan Sehat dan Hemat ala Anak Kost



Sedikit berbagi pengalaman ya :)
Selamat membaca,
Malam ini baru sempat membuka pertanyaan dari wartawan majalah kuliner kampus (@##$#@) tentang tips memilih makanan sehat, murah, terjangkau untuk anak kos. 

Pertanyaan :
1.  Berikan tips untuk mencari makanan yang sehat tapi juga tetap hemat untuk mahasiswa yang tinggal di kos semarang
Jawab : ada harga ada rupa. Pepatah aneh itu juga bisa dirasakan dalam kita memilih makanan. Dengan harga yang semakin tinggi maka semakin tinggi pula kualitas makanan maupun pelayanan yang diberikan. Demikian juga sebaliknya.
Akan tetapi kita tetap dapat memilih makanan dengan harga murah dengan kualitas yang cukup baik :
      a. Pilih tempat makan yang tidak terlalu dekat dengan jalan raya/dipinggir jalan persis.   Karena           semakin dekat dengan jalan maka cemaran dari debu, asap kenalpot dan kotoran lain akan mudah masuk, apalagi jika tempatnya terbuka. 
     b. Perhatikan cara mencuci peralatan, jangan sering-sering makan ditempat yang cara mencuci alatnya tidak bersih, apalagi airnya tidak diganti-ganti.
     c. Perhatikan sampah disekelilingnya, jika banyak sampah maka banyak lalat, jika banyak lalat maka    banya sumber penyakit. 
     d. Bersihkan dengan tisu sampai kering sendok dan garpu yang akan digunakan. 
     e.  Pilih tempat jangan terlalu murah harganya, justru jika terlalu murah malah diragukan kualitas 
         bahan yang digunakan, jangan-jangan malah banyak bahan yang sudah basi dicampur kembali.
         Lebih baik beli makanan dan dimakan dirumah. 
     f. Lebih baik lagi masak sendiri. Dengan masak sendiri kita bisa tahu kebutuhan kita dan selera kita.
2.    Khasiat dari jenis buah* atau sayuran* yang bermanfaat untuk tubuh
Jawab : buah merupakan makanan pelengkap yang banyak manfaatnya. Buah banyak mengandung vitamin C dan A yang sangat dibutuhkan untuk kekebalan tubuh. Sangat dianjurkan untuk kita agar mengkonsumsi buah setap hari, terlebih sebelum dan sesudah makan. tidak hanya untuk kesehatany saja, dari beberapa penelitian dijelaskan bahwa banyak mengkonsumsi buah akan menunjang kecerdasan otak. Selain itu buah dan sayur yang berwarna pekat seperti kurma, kismis, blueberry, blackbarry, anggur juga banyak mengandung antioksidan antioksidan yang dapat menghambat tumbuhnya sel kanker.
3.    Saran bagi mahasiswa tentang makanan
Makan bukan hanya untuk urusan lapar dan kenyang saja. Makan juga menunjang kesehatan, makan pilih makanan yang sehat dan halal. selain itu makan juga sebagai sarana menghibur diri, maka pilihlah makanan yang beraneka (tidak monoton) untuk sesekali memanjakan lidah.

ini masih jauh dari yang seharusnya, tapi semoga sedikit ini bisa bermanfaat untuk yang menulis maupun yang membaca. 

Penulis : Wahyu Imam Santoso


Komentar

Posting Komentar