CARA MENDAPATKAN 1000 SUBSCRIBER DAN 4000 JAM TAYANG BUAT PEMULA

Aku Menulis Karena Ingin Beda


Muncul sedikit kebingungan dan harus memutar otak ketika mendengar pertanyaan sederhana "kenapa anda menulis?". suatu hal yang saya alami dan mungkin banyak diantara kawan2 yang mengalami hal sama terutama para penulis pemula. sebenarnya apa alasan kita menulis?, merangkai kata-kata menyusun paragraf dan menjadikanya sebuah artikel?. apa bedanya mengungkapkan sesuatu dengan menyusun kata dengan menulis dan menyampaikan sesuatu dengan lisan?. apa manfaat menulis untuk diri kita dan untuk orang lain?. pertanyaan-pertanyaan tambahan tersebut muncul mengukuti pertanyaan sebelumnya. dan itulah yang akan mewakili jawaban kenapa harus menulis.
Teringat janji allah dalam QS. Al-Qalam  ayat pertama yang artinya "Nun, demi kalam dan apa yang ditulisnkanya" dan  sebuah kalimat yang senantiasa membuat semnagat dalam belajar "perkayalah ilmu dengan membaca, ikatlah ilmu dengan menulis". dua dasar tersebut cukup menjadi alasan untuk kita menulis. tetapi terkadang kita masih bingung untuk mengawali sebuah tulisan. terlalu banyak ide menjadi bingung mana yang ide yang harus didahulukan untuk ditulis, apalagi jika tidak punya ide sama sekali.
Perlu kita ketahui juga kenapa banyak mereka bisa merangkai kata menjadi tulisan yang tersusun rapi dalam sebuah tulisan bermakna, jawabanya adalah karena mereka ingin beda. kenapa anak SD digenjot untuk belajar menulis angka, huruf,bilangan, kalimat bahkan sejak TK pun sudah banyak yang belajar menulis? karena mereka ingin beda dengan anak-anak seusia mereka yang tidak berkesempatan sekolah. kenapa para sastrawan mencurahkan perasaanya dengat tulisan? karena mereka ingin beda dengan orang yang tidak mengenal sastra. kenapa para ilmuan selalu mengabadikan hasil karyanya dengan menulis, karena mereka berkeyakinan bahwa tulisan akan lebih bermanfaat dan itulah yang membuat beda dengan orang-orang yang tidak mempunyai hasil karya. kenapa mahasiswa harus membuat skripsi, tesis dan desertasi? karena itulah yang membedakan mereka dengan orang-orang yang tidak berkesempatan belajar ke jenjang yang leboh tinggi. dan kenapa allah berjanji dalam kitabnya tentang menulis? karena kitalah umat islam yang dikaruniai al-quran sumber dari segala ilmu dan itulah yang membedakan kita dengan umat lain.

@wahyu_imam

Komentar

Posting Komentar